Monday, July 06, 2015

Menuju MPASI

Sebagai orang tua labil, gw disibukan dengan literatur MPASI Perdana untuk Daffa,
Berdua mengasuh anak, buat kami benar-benar harus "Banyak mencari tau".
Dimulai dari pertanyaan "Apa yang akan gw masak?" berujung pada "List belanja peralatan MPASI".
Semua kebingungan dan kerempongan gw berujung pada pernyataan "Ini cuma pendamping dari ASI, fokuskan saja pada tekstur dan juga menu apa yang akan anak lo nanti makan saat dewasa".

Gw akan menyederhanakan proses masak yang nantinya mempengaruhi peralatan MPASI.
Misal, gw mau buat tepung beras so yang dibutuhkan untuk menghancurkan beras 1, Drymill Blender atau 2, Ulekan. Drymill atau Ulekan masuk ke daftar list belanjaan karena gak mau pake Drymill blender atau ulekan yang sudah ada. Lalu pertanyaan sampai kapan Daffa makan bubur tepung gitu? Fokus di tekstur yang harus terus meningkat, so LABIL PERTAMA perlu gak sih gw beli lagi Blender yang ada Drymillnya atau beli lagi ulekan batu ? atau sebetulnya perlu gak sih berasnya gw tumbuk untuk jadi tepung?, Jawabannya gak perlu.

SOLUSI >> Tanpa Blender, Beras utuh bisa juga dimasak dengan persentase Airnya lebih banyak, seperti membuat bubur. Lalu dihaluskan bisa dengan saringan+ditambahakan lagi dengan ASI untuk dapet tekstur cair tapi lebih padat dari ASI. Minusnya sih butuh waktu masak lebih lama dari beras yang sudah menjadi tepung. Tapi berapa sih selisihnya? Untuk full time mother, harusnya sih bisa mentolerir selisih waktu tersebut kan?

Untuk LABIL KEDUA, orang pinter banyak banget ya, makanan perdana ada yang menyarankan buah ada juga yang menyarankan Serelia.

SOLUSI >> Karena gw akan fokus pada tingkat tekstur dan makanan keluarga (biar gak susah kedepannya), Untuk Daffa akan fokus pada Serelia di awal MPASI dengan minggu pertama menu tunggal, artinya akan mengenalkan banyak bahan makanan tapi TIDAK dalam satu piring. Buah hanya sebagai selingan saja, tidak dicampur dengan karbohidrat. Jadi Pure kentang  pisang itu sepertinya tidak akan gw olah untuk Daffa.

Saat ini issue kelabilan gw hanya di dua point itu saja, Sisanya berdoa saja agar tidak banyak campur tangan pihak ketiga.



0 komentar:

Post a Comment

  © Blogger template 'Morning Drink' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP