Friday, May 15, 2009

Berbagi Cerita

Hampir setahun gw ngerjain tugas syarat tuk jadi sarjana, Skripsi. Lebih dari setahun harus bolak balik ke lapangan berjarak ± 10 kilo dari kostan.

Selama perjalanan gw ngerjain, gak sedikit temen2 gw pamit untuk duluan jadi sarjana. Selama perjalanan gw ngerjain, gak sedikit rasa kantuk mendadak menghampiri. Biasanya setelah ambil data ke lapangan, walo diniatin untuk langsung diolah, kenyataannya gw dilanda lelah dan kantuk yang luar biasa. Alhasil file berformat AVI baru jadi transkripnya 2-5 hari berikutnya. Gw terbilang mudah lelah dan sakit klo kecapean. Mm, dua tahun belakangan emang gw lagi sering2nya marahin keadaan fisik yang gak bisa bantu dan bekerjasama. Terdengar menyeramkan sih, tapi itulah yang terjadi. Sering marah2 sama kinerja diri yang buruk, apalagi kalo udah ketiduran ato gak disiplin bahkan sekedar untuk makan. Makanya satu alasan yang buat gw sedih karena gw merasa kehilangan diri gw yang dulu. Diri gw yang keras bahkan terhadap diri gw sendiri. Cz, selama dua tahun terakhir, gw merasa terlalu banyak ngasih toleransi ke diri. Walau gak salah, tapi gw jadi gak tenang.

Bapak sampai mengeluarkan pernyataan yang gw tau, beliau tau gw gak bakal suka sama pernyataannya. “untuk apa jadi idealist ?, buat apa semuanya dibuat susah? Apa gak kasihan sama orang tua?”, Gw inget banget, Bapak udah 3 kali menentang sikap gw yang menurutnya terlalu perfectionist dan idealist . Percayalah, Pak. Saya tidak tahu definisi dari dua kata tersebut, yang saya tahu saya sedang berjalan di jalur yang ada dihadapan saya.

Bagi gw Skripsi bukan sekedar ketikan cerita yang berisi dari 5 tema BAB atau sebuah curhatan keadaan dilapangan yang lalu di hubung2kan ke bidang keilmuan. Saat menemukan topik, subjek, objek penelitian itu kaya nemuin jodoh. Dengan Skripsi lo bakal menemukan diri lo sendiri. Seorang yang kaya gimana sih diri lo itu? Si penyerderhana? Si pejuang? Si sok tahu? Si penakut? Atau si manipulator?

Gw lebih menyalahkan kinerja diri ketimbang keputusan gw saat memilih pengungsi, metapersepsi dan fenomenologis. Udah berapa orang ngasih solusi, untuk ganti metode yang lebih mudah atau gak usah metapersepsi yang datanya seiprit.  

Makanya saat gw telah memperjuangkan jodoh gw walau harus melawan diri gw sendiri, itu merupakan reward yang gak tergantikan.

3 comments:

  1. cintaaaaaaaaaaaaaaaahh,
    selamaatt yaaaahhhh... selamaaaattt
    huhuhuhuhhh... seneng, bahagia, tapi dvan ninggalin diah niih, dvan yg duluan yg selesaiin skripsinya, tp gpp diah akan berjuang lebih keras lagi biar bisa secepatnya nyusul dvan...
    once more, congratulation yaah Dev,,
    setahun yg lalu kita masih sama2 berjuang yaaa.. via YM kita ceritanya soal skripsi, huhuhuhhhh... sama2 begadang sambil curhatan.... hehehhehh

    ReplyDelete
  2. Diaaaaaaaaaah...
    Ayoo!!! Semangat!
    Tipsnya, kerjain terus tiap hari walau satu paragraf. hahahaha

    ReplyDelete
  3. Nah, sekarangkan lo udah sarjana Van...selamat menempuh hidup baru ya..hehe, oiya, kapan2 nongkrong ke rumah gua juga ya, di www.irvanrachmawan.blogspot.com

    ReplyDelete

  © Blogger template 'Morning Drink' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP