Friday, June 08, 2007

jayuz-jayuz an

TEORI TRANSAKSI-ANALOGIKAL HIPERBOLOGI
Teori yang di cetuskan oleh Devan S.Fajar, ilmuwan dibidang bahasa dan komunikasi manusia. khususnya pada Bahasa Kalbu Manusia, teori turunan dari Komunikasi Interpersonal a.k.a Komunikasi antar manusia, yang menitik beratkan pada suatu posisi eksistensi Manusia sebagai individu terhadap manusia lain. Baik antar manusia maupun kelompok. Teori ini, bersumber pada suara hati individu yang dianggap paling mewakili dalam penggambaran keadaan individu itu sendiri di kehidupan social.

ASUMSI  bahwa setiap manusia butuh untuk mengetahui posisi dirinya di hadapan manusia lain atau kelompok.

Ina “ Gw ky makanan yg lagi nyangkut-nyangkut di gigi si Daniel. HArus di congkel smp lepas… nyabutny kga pake tusuk gigi, harus pake linggis…ganggu…”
Dvan “ Gw kya permen karet yg nempel di rambut paul, satu-satunya jalan ya..Rambutny harus di pangkas.. Dan gw ikut terbawa ke tong sampah brng rmbut-rambut bekas dy…Ironis..”

PERSPEKTIF 
Persamaan pernyataan di atas ialah…
Mereka menempatkan diri mereka sebagai kotoran dan benda yang mengganggu. Kotoran dan Permen karet merupakan penggambaran diri mereka. Posisi ini disebut Analogi yang bersumber pada suatu pertukaran diri dengan benda(Trans). Huh!!!
Situasi seperti ini perlu adanya klarifikasi antara kedua pihak karena pada dasarnya manusia merupakan individu pendefinisi. KAdang terdapat Noise dalam mendefinisikan keadaan atau proses penganalogian. Setiap penganalogian yang terjadi tidak terlepas dari sifat khas manusia itu sendiri berserta keadaan situasi yang menunjang pada saat penggambaran diri.

0 komentar:

Post a Comment

  © Blogger template 'Morning Drink' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP